Alasan kenapa menggunakan October CMS dalam membangun sebuah Website

Di era Teknologi pada saat ini kata Website bukanlah sesuatu yang asing di telinga kita. Website memiliki banyak sekali fungsi, mulai dari yang sederhana sampai untuk keperluan transaksi keuangan.

Banyak sekali ragam teknologi website yang berkembang saat ini mulai dari Teknik, Tools, Bahasa Pemrograman, Desain, dan lain sebagainya. website di bagi menjadi dua yaitu website statis dan website dinamis. Website Statis adalah website yang kontennya hanya bisa di rubah dengan cara melakukan perubahan pada Kodingan atau Script HTML. sedangkan website dinamis adalah website yang kontennya bisa dirubah rubah tanpa harus merubah kodingan atau script HTML. website dinamis memiliki database dan Conten Management Ssystem (CMS) yang berfungsi untuk mengatur kontent website. Salah satu dari CMS adalah October CMS, ada banyak sekali CMS selain October CMS misalnya Wordpress, Drupal, Joomla, dll.

October CMS adalah salah satu di antara sekian banyak CMS yang namanya memang kurang populer di banding dengan Wordpress dan Drupal. tetapi October CMS memiliki banyak Fitur dan perbedaan yang tidak dimiliki oleh CMS yang lain.

October CMS bisa Menjadi Statis website ataupun Dinamis artinya october CMS kontennya bisa disimpan di dalam database ataupun sebagai file yang tentunya bisa di edit menggunakan Text Editor

October CMS menggunakan Core dari Laravel. Laravel adalah salah satu Framework PHP yang saat ini sangat populer karena Modern dan menggunakan konsep MVC dan OOP.

Kemudahan membuat Tema, October CMS memungkinkan kita untuk berkreasi membuat Tema sesuai dengan keinginan kita sendiri secara dinamis. untuk Tema october CMS menggunakan Twig sebagai template Engingnya

Custom Plugin, untuk membuat suatu Plugin cukup mudah dengan menggunakan CLI Generator yang sudah di sediakan oleh October CMS

Fitur RBAC (Role Base Access Control) yang berfungsi untuk membatasi user siapa saja yang boleh mengakses fitur fitur di dalam October CMS yang sudah di tentukan.

Fitur yang ada di dalam October CMS masih banyak lagi seperti Email, Install/Update Tema, Plugin, dan masih banyak lagi yang lainya.

--

--

Fullstack Developer at Nuliscv.com

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store